Selasa, 20 September 2016

Ringkasan Materi LKS Simpati TIK Kelas XI

BAB I : MENGENAL INTERNET

Pengertian dan Sejarah Internet

a. Pengertian Internet
Internet (kependekan dari interconnection-networking) adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaidah ini dinamakan internetworking ("antarjaringan").




b. Sejarah Internet
Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon.
Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).
Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.
Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.
Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.

BAB II : BERBAGAI METODE DAN CARA AKSES INTERNET


Cara akses internet memilki banyak metode agar bisa terkoneksi ke jaringan komputer global.  masing-masing memiliki teknologi sendiri-sendiri, dan setiap metode akses internet memilki kelebihan dan kekurangan.

Macam-Macam Cara Akses Internet
Jaringan komputer dan internet saat ini sudah menjadi sebuah kebutuhan dijaman informasi serba cepat dan up to date. Kebutuhan koneksi ke jaringan global internet sudah menjadi bagian yang susah utuk dilepaskan begitu saja terutama dibidang pendidikan yang membutuhkan literature perpustakaan besar melalui jaringan internet, begitupula dengan bisnis dan organisasi pemerintah / non pemerintah sudah memanfaatkan jaringan internet untuk pertukaran data dan informasi. Macam-macam metode dan cara akses internet mulai dari yang sangat sederhana sampai pada kliem teknologi internet berkecapatan tinggi seperti yang dijelaskan dibawah ini menggunakan media transmisi kabel, wireless dan satelit.

Cara Akses Internet Berdasarkan Teknologi Transmisi

  1. Dial-Up (komputer pengguna terhubung ke server penyedia melalui telepon) – menggunakan modem analog dial-up dengan kecepatan akses data ke jaringan hingga 56 kbit / s;
  2. DSL (Digital Subscriber Line) – Teknologi Digital Subscriber Line digunakan menyediakan akses ke jaringan menggunakan kabel modem dan memanfaatkan koneksi paralel telepon analog. Beberapa seri dari Teknologi DSL :ADSL, VDSL, HDSL, ISDL, SDSL, SHDSL, RADSL dan secara kolektif disebut sebagai xDSL. Teknologi DSL menyediakan koneksi berkecepatan tinggi hingga 50 Mbit / s (kecepatan aktual hingga 2 Mbit / s). Keuntungan utama dari teknologi xDSL adalah kemampuannya secara signifikan kecepatan transmisi data yang cepat dan stabil melalui kabel telepon tanpa perlu upgrade saluran telepon pelanggan.Pengguna mendapatkan akses ke Internet dengan tetap menjaga sistem operasi telepon tetap berjalan secara normal;
  3. ISDN – akses dial-up ke jaringan telepon digital. Fitur utama dari penggunaan ISDN – ini adalah kecepatan transfer data yang tinggi, dibandingkan dengan akses Dial-Up. Kecepatan transfer data adalah 64 kb / s dan 128 kb / s, dengan menggunakan dua saluran;
  4. Cara Akses ke Internet melalui leased line (analog dan digital). Akses melalui dedicated line – ini adalah cara untuk terhubung ke Internet ketika pengguna komputer terhubung ke ISP melalui kabel (twisted pair) dan koneksi ini adalah konstan, tidak dialihkan dengan kecepatan transfer data hingga 100 Mbps dan hal ini merupakan perbedaan utama dari layanan telepon biasa.
  5. Cara Akses Internet melalui LAN (Fast Ethernet). Koneksi dilakukan melalui kartu jaringan (10/100 Mbit / s) dengan kecepatan data hingga 1 Gbit / s pada stasiun utama dan 100 Mbit / s ke pengguna akhir. Untuk menghubungkan komputer Anda ke pengguna internet di sebuah apartemen atau gedung
  6. Internet satelit . dua jenis Akses Internet satelit adalah – asimetris dan simetris:
  • Pertukaran data komputer pengguna dengan satelit dua arah;
  • Permintaan dari pengguna ditransmisikan ke server operator satelit melalui ground connection yang tersedia dan server mengirimkan data dari satelit ke pengguna. Tingkat maksimum data 52,5 Mbit / s (kecepatan rata-rata yang sebenarnya hingga 3 Mbit / s).
  1. Cara Akses ke Internet menggunakan saluran jaringan televisi kabel, tingkat penerimaan data 2-56 Mbps. Saat ini ada dua arsitektur data Kabel Internet (“Coax”). Yaitu arsitektur simetris dan asimetris.Selain itu, ada dua cara untuk koneksi: a) kabel modem dipasang secara terpisah di masing-masing pengguna b) Modem kabel dipasang secara tunggal di rumah di mana beberapa pengguna internet terhubung melalui Jaringan LAN dengan menggunakan perangkat jaringan Ethernet.
  2. Cara Akses Internet dengan Wireless
  • Wifi
  • WiMax
  • Radio Ethernet
  • MMDS
  • LMDS
  • Ponsel GPRS – Internet
  • Ponsel CDMA – Internet
WiFi (Wireless Fidelity) adalah transmisi data akurat tanpa kabel dengan teknologi akses broadband ke Internet. Kecepatan transfer data untuk pelanggan akhir bisa mencapai 54 Mbit / s. Jangkauan mereka tidak melebihi 50 – 70 meter.Titik akses nirkabel yang digunakan dalam apartemen atau di tempat-tempat umum di kota-kota besar. Memiliki laptop atau Pocket PC dengan controller, Wi-Fi, kafe atau restoran (dalam area cakupan Wi-Fi) dengan cepat dapat terhubung ke Internet.

WiMAX (Worldwide Interoperability for Microwave Access), mirip dengan WiFi – teknologi akses broadband ke Internet. WiMAX, tidak seperti teknologi radio tradisional, dan beroperasi pada sinyal yang dipantulkan adalah garis pandang dari base station. Para ahli percaya bahwa jaringan mobile WiMAX jauh terbuka dan lebih perspektif. Dan yang menarik bagi pengguna dari fixed WiMAX dirancang untuk pelanggan korporat. Informasi dapat dikirim melalui jarak hingga 50 km dengan kecepatan hingga 70 Mbit / s. baca teknologi Wimax
RadioEthernet – teknologi akses broadband ke Internet, menyediakan kecepatan data 1-11 Mbit/s, yang dibagi di antara semua pengguna aktif. Untuk bekerja RadioEthernet-channel membutuhkan garis pandang antara stasiun antena pelanggan. Jangkauan hingga 30 km.
MMDS (Multichannel Multipoint Distribution System). Sistem ini mampu melayani wilayah dalam radius 50-60 km, dan garis pandang. Rata-rata kecepatan akses  500 kbit / s – 1 Mbit / s, namun secara maximal hingga 56 Mbit / s per saluran.
LMDS (Local Multipoint Distribution System) – standar untuk jaringan seluler, transmisi data nirkabel untuk pelanggan fixed-line. Sistem ini didasarkan atas dasar selular, satu base station dapat menutupi area dengan radius beberapa kilometer (10 mil) dan menghubungkan beberapa ribu pelanggan. BS sendiri bersatu dengan lainnya dengan saluran komunikasi terestrial kecepatan tinggi atau saluran radio (RadioEthernet). Kecepatan transfer data hingga 45 Mbit /s.
Ponsel GPRS, Cara akses Internet  menggunakan layanan “Mobile Internet” menggunakan layanan GPRS, pengguna harus memiliki Hand Phone dengan built-in GPRS modem. Teknologi GPRS memberikan kecepatan data hingga 114 kbit/s. baca Teknologi modem GSM
Ponsel CDMACara akses Internet  menggunakan layanan standar CDMA , merupakan layanan mobile Internet kecepatan tinggi. Untuk menggunakan layanan “Mobile Internet” menggunakan teknologi CDMA harus memiliki harus memiliki Hand Phone built-in CDMA – modem CDMA atau modem komputer CDMA. Teknologi modem CDMA menyediakan kecepatan data hingga 153 kbit / s atau 2400 kbit/s  dengan teknologi EV-DO baca Sejarah Wireless Perkembangan Teknologi Nirkabel 1G ~ 4G.

PERANGKAT KERAS UNTUK AKSES INTERNET
1.Modem dial up (internal/eksternal)/Kabel Modem/Modem ADSL
Modulator demodulator (Modem) berfungsi mengubah gelombang analog menjadi sinyal digital dan sebaliknya mengubah sinyal digital menjadi gelombang analog dari kabel telepon sehingga komputer dapat terkoneksi dengan internet
2.Line Telepon, Cable TV, ISDN, Satelit, Handphone
Selain modem sebagai perangkat keras yang dapat menghubungkan komputer ke Intenet, diperlukan line telepon. Selanjutnya pengguna komputer harus mendaftar ke ISP yang melayani akses dial up misalnya indosat, telkom dan cbn. Saat ini, dengan line telepon dan modem dial up, kita tidak diharuskan mendaftar lagi ke ISP, yaitu dengan menggunakan paket telkomnet instant yang secara langsung dapat melakukan akses internet. Sedangkan untuk jaringan internet lainnya untuk modem dial up harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu ke ISP misalnya cbn.net dan Indosatnet.
3.Kartu jaringan
Contoh dari sebuah kartu jaringan Ethernet yang memiliki dua jenis konektor (BNC dan UTP).
4.Kartu jaringan (network interface card disingkatNIC atau juga network card) adalah sebuah kartuyang berfungsi sebagai jembatan dari computer ke sebuah jaringan komputer Jenis NIC yang beredar, terbagi menjadi dua jenis, yakni NIC yang bersifat fisik, dan NIC yang bersifat logis. Contoh NIC yang bersifat fisik adalah NIC Ethernet, dan lainnya; sementara NIC yang bersifat logis adalah loopback adapter dan Dial-up Adapter. Disebut juga sebagaiNetwork Adapter. Setiap jenis NIC diberi nomor alamat yang disebut sebagai MAC Adress yang dapat bersifat statis atau dapat diubah oleh pengguna.
5.Hub adalah sebuah perangkat yang mencantumkan kabel-kabel network dari tiap –tiap workstation ,server,atau perangkat lain.

BAB III : MENCARI INFORMASI DI INTERNET

A.Browser
        Browser adalah sebutan yang diberikan kepada sebuah software yang dipakai untuk mengakses Word Wide Web (WWW). WWW adalah layanan yang paling sering digunakan dan memiliki perkembangan yang sangat cepat karena dengan layanan ini kita bisa menerima informasi dalam berbagai format (multimedia). Untuk mengakses layanan WWW dari sebuah komputer  digunakan program web client yang disebut web browser atau browser saja. Jenis-jenis browser yang sering digunakan adalah:
1. Mozilla Firefox


2. Netscape

3. Google Chrome

4. Internet Explorer

B. E-Mail Client
        E-Mail Client adalah sebuah software yang dimanfaatkan untuk membaca, menulis, dan mengirimkan surat elektronik (e-mail)

C.IRC Client
        IRC Client adalah singkatan dari Internet Relay Chat yaitu software yang berfungsi untuk membantu kita berbincang-bincang secara langsung (real time) lewat media teks dengan banyak orang di seluruh dunia.
contoh software IRC Client yang popular yaitu mIRC

D. Dial Up Networking
       Dial Up Networking adalah software kecil yang akan menghubungkan komputer pribadi dengan jaringan internet global lewat sebuah internet service Provide. Software ini hanya menyuruh untuk memasukan nomor telepon, username, dan password yang pada akhirnya
akan mengirimnya ke ISP supaya bisa terhubung dengan internet.

E. Surfing/Browsing
       Surfing merupakan istilah umum yang digunakan menjelajahi dunia maya atau Web. Tampilan web yang sangat artistik yang tidak hanya menampilkan teks tapi juga gambar-gambar yang ditata sedemikian rupa sehingga selalu membuat betah netter untuk surfing berjam-jam.


BAB IV : MENGENAL DAN MENGGUNAKAN EMAIL

Etika mengirimkan e-mail

Email telah mengubah banyak kebiasaan kita dalam berkomunikasi. Komunikasi surat-menyurat antar rekan kerja atau bisnis, teman dan keluarga sudah banyak digantikan oleh email. Hal ini membuktikan email merupakan alat komunikasi yang banyak digunakan pada saat ini. Sebagai alat komunikasi, penggunaan email juga harus mematuhi etika-etika agar komunikasi yang dilakukan berjalan dengan baik. Komunikasi yang tidak disertai dengan etika akan menyebabkan tujuan komunikasi tidak tercapai. Bentuk komunikasi lewat email berbeda dengan bentuk komunikasi biasa yang kita kenal selama ini. Komunikasi biasa mempunyai etika sendiri, demikian juga berkomunikasi dengan email. Beberapa etika mengirim email yang kita terapkan adalah sebagai berikut: 
1. Salam pembuka

Ada baiknya email yang dikirimkan disertai dengan salam pembuka. Salam pembuka dapat berupa formal ataupun tidak formal, tergantung penerima email. Salam pembuka kepada guru, rekan kerja, orang yang pantas dihormati, tentu saja berbeda dengan salam pembuka kepada teman atau saudara kita. 
2. Perkenalkan diri

Jika orang yang kita kirimi email adalah orang yang tidak kenal dengan kita, sebaiknya kita memperkenalkan diri terlebih dahulu. Jika kita pernah bertemu, sebutkan di mana kita pernah bertemu. Atau jika tidak, lebih baik kita mengatakan juga dari mana kita mendapatkan alamat email tersebut. 
3. Langsung ke pokok permasalahan

Membaca email yang terlalu panjang dapat membosankan. Karena itu, usahakan agar email yang kita tulis tepat pada sasaran dan tidak bertele-tele, sehingga tidak perlu terlalu panjang. 
4. Jawablah semua pertanyaan
Jika kita membalas atau mereply email, usahakan agar semua informasi yang ditanyakan kita jawab. Bila kita tidak tahu, jawablah dengan tidak tahu. Pertanyaan yang kita abaikan dapat membuat orang lain merasa tidak diperhatikan dan mungkin saja pertanyaan yang sama akan ditanyakan lagi. Hal ini tentu saja akan mengganggu kita.
5. Lakukan pengeditan
Sebelum mengirimkan email, ada baiknya kita mengedit kembali tulisan email kita. Kata-kata yang tidak pas atau kesalahan penulisan yang kita biarkan dapat memberikan kesan yang tidak baik bagi penerima email. Bila kita memformard sebagian atau seluruh pesan pada pihak lain, akan muncul tanda “>” atau “>>” di setiap baris email yang akan kita forward. Sebaiknya, kita mengahpus tan tersebut. Dengan demikian, penerima email yang kita forward dapat membaca isi email kita tanpa terganggu dengan tanda-tanda di atas. Memforward email tanpa menghilangkan tanda “>” atau “>>” dapat menimbulkan kesan ketidakpedulian kita terhadap email yang kita forward. Namun, pada sebagian website email, tanda tersebut tidak akan ditampilkan apabila kita memforward email. 
6. Gunakan subjek yang sesuai
Selalu gunakan subjel atau judul yang sesuai. Subjek atau judul yang sesua akan memudahkan penerima email menangkap informasi yang ingin kita sampaikan karena judul email akan langsung membuka pikiran penerima akan topic yang kita bahas. Jika kita saling bertukar email beberapa kali, topic pembicaraan mungkin saja telah berubah dari sebelumnya. Oleh karena itu, jangan lupa mengubah subjek email. Salah satu kesalahan yang sering muncul ketika menuliskan subjek email adalah penulisan subjek email terlalu umum. Sebagai contoh, subjek “minta informasi”. Tentunya akan lebih baik jika dibuat menjadi “minta informasi no telp Ibu Octa”. Dengan subjek tersebut maka penerima akan langsung mengetahui informasi apa yang diminta dari pengirim email. 
7. Mengatur prioritas
Kadang-kadang pengirim email senang menambahkan kata penting atau urgent di subjek email agar penerima menempatkannya sebagai email yang penting dibuka atau dibalas. Bla melakukan hal seperti ini, kita perlu memastikan bahwa email kita memang betul-betul penting atau urgent.
8. Hapuslah pesan reply yang tidak perlu
Mereply email tanpa menghapus isi email terdahulu kadang-kadang membantu penerima email mengingat apa yang dia sudah kirimkan kepada kita. Hal ini akan membantu penerima email untuk menangkap pesan balasan dari kita. Namun, sering kali setelah membalas email beberapa kali, topic kita sudah berubah dan tidak berhubungan lagi dengan sebelumnya. Jika hal ini terjadi, ada baiknya kita menghapus pesan-pesan sebelumnya.
9. Jangan meneruskan email berantai
Kadang-kadang kita menerima email berupa cerita, humor atau hal-hal lain yang kemudian meminta kita untuk meneruskan email tersebut kepada sejumlah orang dan mengancam kita bila tidak meneruskannya. Hal seperti ini cukup mengesalkan. Jika hal ini terjadi, sebaiknya kita tidak usah mengirimkan kepada orang atau teman-teman kita.
10. Hormati privasi orang lain
Hormati juga alamat email mereka. Bila kita sedang mengirimkan email ke sejumlah orang yang mungkin satu sama lain tidak saling kenal, gunakan “bcc” atau blind carbon copy agar alamat-alamat email mereka tidak saling diketahui. Sebagian orang tidak suka kalau alamat emailnya kita berikan kepada orang lain, sekalipun tanpa sengaja. Setelah itu, alamat email sering kali digunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab dengan cara mengirimkan “spam” ke alamat email tersebut. Jika hal ini terjadi, orang lain akan complain kepada kita. 
11. Jangan melakukan spam
Mungkin saja kita tidak sengaja melakukannya. Banyak orang tidak menyadari jika mereka menggunakan alamat-alamat email yang mereka dapat dari ‘forwarded email”, kemudian menggunakannya tanpa permisi. Hal ini termasuk bentuk spam. 
12. Gunakan huruf besar seperlunya
Dalam menulis email, kita tidak boleh menggunakan huruf besar semua. Menulis dengan mengaktifkan huruf besar (capslock) dapat diartikan sebagai pertanda kemarahan atau kita sedang berteriak-teriak. Karena itu gunakan huruf besar seperlunya. 
13. Hati-hati bila menggunakan singkatan dan ikon emosi
Kita perlu berhati-hati menggunakan singkatan-singkatan dan ikon emosi (emotion). Belum tentu penerima email mengerti apa yang kita maksudkan. Terlebih jika kita mengirimkan email untuk urusan resmi. Kesalahan pengetian dari penerima email akan merugikan kita sendiri.
14. Jangan terbawa emosi
Jika kita menerima email yang kurang menyenangkan, jangan membalas saat itu juga. Kita perlu memikirkan maksud sebenarnya. Menunggu beberapa waktu sebelum membalasnya juga akan membuat emosi kita mereda. Dengan demikian, kita dapat berpikir dan bertindak dengan kepala dingin. 
15. Bersabarlah menunggu balasan email
Kita harus bersabar bila email yang kita kirimkan belum dibalas. Orang lain mungkin mempunyai kesibukan tersendiri dan belum sempat membalas email kita. Banyak orang hanya mengecek emailnya seminggu sekali, bahkan lebih lama dari itu. 
16. Ketertarikan yang berbeda
Jangan terus menerus mengirimkan sesuatu pada mereka yang tidak pernah membalasnya, meskipun dengan ucapan terima kasih. Setiap orang memiliki ketertarikan akan sesuatu hal yang berbeda-beda. Topik yang kita anggap menarik, belum tentu menarik bagi orang lain. Cerita-cerita yang kita anggap lucu, bias saja menjadi cerita bodoh bagi orang lain. Sebaiknya, kita menanyakan apakah dia senang dengan email yang kita kirimkan. 
17. Jangan lampirkan file yang tidak perlu
Sebaiknya kita tidak melampirkan file yang tidak perlu dalam email kita. Hal ini sering kali terjadi secara tidak sengaja. Sering kali kita lupa menghapus file attachment pada saat memforward atau mereply email. File-file tersebut akan membuat kotak surat penerima email menjadi penuh. 
18. Buatlah layout yang baik
Membaca email kadang kala tidak nyaman. Hal ini dikarenakan kita harus membacanya di depan computer, apalagi jika sudah bekerja di depan computer seharian. Karena itu, jika kita mengirimkan email, sebaiknya kita membuat layout yang baik, sehingga penerima email dapat membacanya dengan mudah.

E-mail Berbasis POP3 dan E-mail Berbasis Web
POP adalah singkatan dari Post Office Protocol. POP3adalah POP jenis terakhir. Jadi, jalan yang dilalui sebuah emailmirip dengan yang dialami oleh sebuah mail (surat biasa), yang harusmelewati beberapakantor pos perantara sebelum akhirnya sampai ke tujuan. Sama halnyadengan email, sebuah email akan melewati beberapa komputer yangberperan sebagai router atau email server, sebelum akhirnya tibapada email server yang ada pada ISP di mana alamat email kitaterdaftar.Sedangkan Web-based Email atau email berbasis webdikembangkan dengantujuan untuk memberikan jasa email kepada orangyang memiliki aksesinternet, tetapi tidak memiliki account emailsendiri, atau yangdimiliki bukan akses ke email server, tapi ke sebuah web server.Jadi, orang yang akan mengirimkan email pertama-tama harus mengikutiprosedur untuk membuat sebuah account email (sign up) yang padaumumnya disediakan secara gratis.

Perbedaan antara POP email dan Web-based email :
1. POP email hanya dapat dibuka oleh komputer penggunasedangkan Web-based email dapat dilihat oleh siapa saja yangmemiliki aksesinternet.
2. POP3 lebih besar kapasitas penyimpanannya karena media untukmenampung email yang tersimpan di komputer pribadi ukurannya tidakterbatas. Sedangkan Web email menggunakan komputer orang lain(komputer server) yang dibatasi dalam kapasitas penyimpanannya.
3. Pada email berbasis pop3 kita dapat mengoperasikannya(membaca atau mengirim pesan elektronik) dalam keadaan offline,sedangkan pada email berbasis web pengoperasiannya selalu menuntutdalam kondisi Online ( dalam keadaan terkoneksi ke jaringanInternet).
4. Email berbasis pop3 banyak disediakan oleh ISP secaragratis. Sedangkan email berbasis web banyak disediakan secara gratisoleh website-website tertentu di Internet, seperti :Hotmail.com,Yahoo.com, Apasich.com, SkyBiz.com dan lain sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar